PPKBPPPA HSS, Borong Tujuh Penghargaan pada Harganas ke-30 Tingkat Kalsel di Martapura

Martapura - Peringatan Hari Keluarga  Nasional (HAGANAS) Ke -30 tingkat Provinsi Kalimantan Selatan,  yang di gelar di Kota Intan Martapura dengan Tema "Bergerak  Bersama Menuju Keluarga Bebas Stunting" di gelar di RTH ( Ruang Terbuka Hijau)  Ratu Zaleha Martapura Kab.Banjar Kalsel, Kamis (27/07/2023).

Acara yang di laksanakan  Kepala BKKBN Pusat dan Prov.Kalsel ( Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional) di hadri ketua BKKBN Pusat dr.Hasto Wardoyo, Sp. OG (K).

Tidak terkecuali, Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBPPPA) Kab. Hulu Sungai Selatan (Kandangan),yang turut berhadir dan menerima empat Anungrah Penghargaaan darI BKKBN Nasional yang di terima Langsunng Oleh Kadis Dian Marliana, S.STP.,M.Si.

"Alhamdulillah kita hari ini banyak menerima penghargaan dari Bkkbn Nasional maupun Propinsi." Ungkapnya.

Dua penghargaan tingkat Nasional:

1. Juara 1 total capaian pelayanan KB kab/kota dengan target >2000 tingkat nasional

2. Juara 3 pelaporan SIGA kab/kota tingkat nasional

Penghargaan  Tingkat Propinsi :

3. Juara 1 Capaian pelayanan KB terbaik kab/kota tingkat Prov. Kalsel

4. Juara 1 Capaian pelaporan SiGA terbaik dalam pelayanan KB Serentak sejuta akseptor kab/kota tingkat Prov. Kalsel

5. Juara 1 PKB PNS tingkat Prov. Kalsel

6. Juara 1 Kader IMP tingkat Prov. Kalsel

7. Juara 2 terbanyak capaian KB pasca salin kab/kota tingkat Prov. Kalsel, serta Juara 2 KB Lestari tingkat Prov. Kalsel.

Mengenai Stunting ia (Dian), menjelaskan awalnya jumlah stunting di HSS ada sekitar 29 1% lebih, dan sekarang ada 20,3% dan PR kita harus di bawah Standart WHO yang wajib dan ketetapan harus di bawah 14%.

"Artinya Pekerjaan Rumah (PR) kita masih jauh,PR kita harus 12% atau 13%  lagi dalam angka persen penurunan,dan kalau saya akan selalu Optimis mudah-mudahan bisa mencapai di bawah Standart WHO, Mohon Do'anya untuk semua." Harap Dian dengan mantap.

Ketika di tanya apa saja kiat- kiat PPKBPPPA HSS, dalam menangani stunting ini, Dian menerangkan yang utama adalah kometmen Kelapa daerah, Kometmen Kepala daerah Hulu Sungai Selatan (Bupati HSS Achmad Fikry) Sangat Tinggi untuk benar- benar turun tangan mengatasi masalah stunting ini jelasnya.

"Beliau (Achmad Fikry) turun langsung,dalam rapat-rapat percepatan penanggulangan penurunan stunting, PPPS kami sangat Solid mulai dari tingkat Kabuputen hingga Kecamatan,desa, hingga Kelurahan, dan Program unggulan  kami juga ada "Bapak Asuh Anak Stunting" dimana ada sekitar 180 anak yang kami tangani dari hasil sumbangan dari ASN, Pengusaha, bahkan Pengusaha di Tanah Bumbu Pun ikut mengkontribusi menjadi donatur di tempat kami." Tutupnya. (@DWan).