PAM Pembukaan Kejuaraan Daerah Terbuka Marching Festival Tahun 2023 Se-Kalimantan Selatan Di Kabupaten Barito Kuala

 


Kalimantan Selatan - Pòlres Batola Polda Kalsel

Batola,- Jumat, tanggal 24 November 2023 Skp. 08.30 Wita bertempat di Lapangan 05 Desember Kab. Barito Kuala telah dilaksanakan Pembukaan Kejuaraan Daerah Terbuka Marching Festival Tahun 2023 Se Kalimantan Selatan Di Kabupaten Barito Kuala Dengan tema *Junjung Tinggi Sportivitas*


Melalui Kasi Humas Pòlres Batola AKP Abdul malik SE mengatakan kegiatan dihadiri oleh Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Budaya, dan Pariwisata (Disporbudpar) Kabupaten Barito Kuala (Batola) Sabirin, S.Sos., M.M, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kab. Batola Ahmad Wahyuni, Pengurus PDBI Kab Batola beserta para anggota, Perwakilan Dari KONI Kab. Batola, Perwakilan Disporbudpar Kab. Batola, Para Panitia pelaksana beserta unsur yang terlibat dalam kegiatan,

Seluruh peserta marching Drumband Festival Se-kalimantan Selatan 

Kapolsek Marabahan IPDA Heri P menambahkan Sebelum acara dimulai terlebih dahulu dibacakan susunan Acara Kegiatan Kejurda Marching Festival Tahun 2023 Sbb:

Pembukaan, Menyanyikan Lagu Indonesia Raya,

Menyanyikan March PBDI,

Doa, Sambutan Dari Ketua Panitia,

Sambutan Dari Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kab. Batola Sekaligus membuka Acara Street Maching Band Dalam Kejurda Kab. Batola dan Penutup.

Adapun Sambutan Dari Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kab. Batola Sbb:

Perlombaan ini merupakan ajang untuk meningkatan sumber daya manusia terutama dalam kegiatan drumband dalam berbagai kreativitas.

Dalam ajang ini kita dapat meningkatkan prestasi dan sportivitas para peserta yang mengikuti perlombaan. Harapan saya kedepan bersama KONI Kab. Batola agar antusias ini menjadi perhatian untuk berkembang untuk kedepannya.


Untuk para pelatih Marching Band ataupun pembina agar semakin semangat dalam mengembangkan sumber daya manusia di wilayah Kab. Batola guna untuk dapat memberikan warna dan prestasi untuk Kab Batola. 

Dalam akhir sambutan ini saya berterimakasih kepada para tamu yang berkenan hadir di Kab Batola dalam kesempatan ini sebagai penyelenggara kegiatan serta kepada panitia yang sudah bekerja keras dalam melaksanakan kegiatan ini sehingga pelaksanaan kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar.

Acara  dilanjutkan dengan perlombaan Street Maching Band Dalam Kejurda Kab. Batola dengan rute Start Lapangan 5 Desember Marabahan - Jl Basuki Rahmat Marabahan - Pasar Baru Marabahan - Simp 4 Lampu Merah - Jl Aes Nasution Marabahan - Kembali ke Lapangan 5 Desember Marabahan.

Kegiatan tersebut direncanakan dilaksanakan selama 3 hari dimulai hari Jumat tanggal 24 sampai dengan Minggu 26 November 2023 , setelah dilaksanakan koordinasi ada sedikit perubahan yaitu diperkirakan Hanya berlangsung 2 hari sampai hari Sabtu tanggal 25 November 2023. 

Berikut ini adalah mata lomba pada cabang olahraga drumband yang akan dipertandingkan pada kegiatan Marching Festival Tahun 2023  :

LUG (Lomba Unjuk Gelar)

Mata lomba yang mengedepankan seluruh aspek dan unsur pada penampilan sebuah unit atau tim drumband seperti harmonisasi musik olah tubuh dan gerakan visual, keserasian, keakurasian, formasi berbaris , kostum dan lain - lain dengan tema pertunjukan yang akan ditampilkan pada mata lomba ini seluruh kemampuan serta keterampilan atlet drumband akan dikerahkan.

LBB ( Lomba Baris Berbaris) 

Sesuai dengan namanya mata lomba ini mengutamakan nilai kerapian dan keserasian atlet drumband dalam melakukan aksi baris-berbaris dan jalan di tempat saat di lapangan di samping itu penilaian lagu juga akan menjadi perhatian oleh dewan juri cara berpakaian aksesoris sehingga peraturan dan formasi baris - berbaris sudah ditentukan oleh pengurus besar persatuan drumband Indonesia.

LKKB (Lomba Ketahanan dan Ketepatan Berbaris) 

Terdiri dari anak mata lomba yaitu LKKB Putra jarak 8 KM dengan waktu tempuh 80 menit , LKKB Putri jarak 6 KM dengan waktu 60 menit dan LKKB campuran jarak 8 KM dengan waktu tempuh 80 menit atau sesuai pengurus besar PDBI dengan peraturan panitia penyelenggara yang sudah disepakati oleh  seluruh peserta lomba pada saat lomba ini.

LBJP ( Lomba Ketepatan Berbaris Jarak Pendek).

Mata lomba lbjp terdiri dari anak mata lomba yaitu LBJB Putra jarak 800 meter LBJB Putri jarak 600 meter LBJP campuran jarak 800 meter mata lomba ini diadaptasi dari cabang olahraga atletik jalan cepat sehingga para atlet drumband sebelumnya akan belajar dasar - dasar jalan cepat aspek penilaian penting pada mata lomba ini adalah kecepatan kerapian keserasian atlet saat melangkah untuk meraih waktu yang tercepat mencapai finish.

Selama kegiatan berlangsung tertib dan kondusif. (Humas Batola)

*#PRESISI POLRI*

*POLRES BARITO KUALA ~ SAHABAT PIAN(Bersahaja, Bermartabat, Peduli, dan Ikhlas Melayani).*